Ajaran Mazhab Syiah

Jika ingin mengetahui ajaran syiah atau mazhab syiah yang sebenarnya, tentulah harus dari ulama-ulama syiah, bukan dari ulama-ulama anti syiah. Pelajari kitab mereka ataupun pelajaran-pelajaran yang mereka sampaikan.

Ada banyak sekali rujukan kitab syiah tersebar dimana-mana. Kajilah langsung dari kitab-kitab ulama syiah yang memang menekuni ilmu-ilmu islam bertahun-tahun, memiliki sanad ilmu yang jelas dan ikhlas hanya mengharap ridha Allah.

Yang paling kami rekomendasikan, lengkap dan sangat argumentatif, silakan download link berikut ini:

1. Kumpulan Tanya Jawab Dengan Ustadz Sinar Agama

2. Kompilasi Tematis Berbagai Topik Dengan Ustadz Sinar Agama

Selain itu, silakan juga manfaatkan beberapa  link referensi ajaran syiah paling mendasar yang insyaAllahbisa dijadikan rujukan Anda, baik tentang kajian aqidah, fiqih dan akhlaq dalam pandangan mazhab syiah.

A. AQIDAH SYIAH

Dalam aqidah, menurut ajaran Mazhab Ahlul Bait, kita tidak boleh taqlid, artinya harus mempunyai dalil sendiri mengapa kita meyakini kebenaran Islam, kebenaran Nabi saww dan Ahlul Baitnya.

Dalam ajaran saudara kita di Sunni dikenal dengan Rukun Islam. Kalau dalam mazhab syiah dikenal dengan nama “Ushuluddin” atau dasar agama atau pokok-pokok agama, yang artinya apabila dasar agama ini tidak diyakini maka agamanya akan runtuh atau setidaknya agamanya tidak akan dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Sedangkan keyakinan seperti keyakinan terhadap kitab-kitab, malaikat dll adalah keyakinan ranting dari yang pokok diatas yang disebut dengan “Furu’uddin”.

Untuk mempelajari lebih mendalam tentang Ushuluddin (pokok-pokok agama) ini, kita bisa mengikuti kajian yang disampaikan oleh salah satu ulama syiah yang telah mencapai gelar Hujjatul Islam wal Muslimin, yang belajar lebih dari 35 tahun mendalami Islam dengan para guru-guru besar (ayatullah) di Iran, yaitu Ustadz Hasan Abu Ammar.

Catatan:
Sebelum mengikuti kajiannya ini, sudilah kiranya mengirimkan sholawat dan Alfatihah untuk almarhum Ustad Hasan Abu Ammar …. Alfatihah ma’a sholawat.

Berikut ini silakan simak kajian ushuluddin tsb :

1. Tauhid
Download

2. Keadilan Ilahi
Download

3. Kenabian
Download

4. Imamah
Download

5. Maad ( Kebangkitan)
Download

Selain itu, kita juga bisa belajar dari beberapa catatan beliau pada link-link berikut ini:

1.  Ushuluddin – Pokok-pokok ajaran Syiah, Oleh Ustad Sinar Agama

2. Catatan Ustad Sinar Agama

Dapatkan kumpulan tanya jawab dengan Ustadz Sinar Agama pada APLIKASI ANDROID, klik disini.  Bagi yang ingin tahu ajaran Islam Versi Syiah Ahlul Baith as, ini adalah kumpulan catatan ustad yang sangat dianjurkan untuk dimiliki, dengan berbagai topik baik aqidah, fikih ataupun akhlaq.

Anda juga belajar melalui channel telegram. Silahkan Install Telegram Massanger di Handphone anda dan cari dengan kata kunci “Sinar Agama” atau klik Telegram Channel Ustad Sinar Agama

3. Wahdatu Al-Wujud Filsafat Hikmah Mulla Shadra – Oleh Ustad Sinar Agama

B. FIQIH SYIAH

1. Fiqih Rahbar HF Terjemahan ICC

2. Video Sholat Rahbar HF

3. Fiqih praktis syiah Terjemahan Ustad Hasan Abu Ammar HF

4. Fiqih Pemula Fiqih Untuk Pemula

5. Fiqih Perempuan Ayatullah Bahjat RA

6. Fiqih Perempuan

7. Tanya jawab 1  Fatwa-Fatwa 1

8. Tanya Jawab 2  Fatwa-Fatwa 2

9. Video: Tata Cara Wudhu

10. Video: Tata Cara Shalat


C.  Video Sholat, Rahbar HF

1.  Sholat Maghrib

2.  Sholat Zhuhur
3.  Sholat Subuh

D. FILSAFAT dan AKHLAQ 

Kajian Filsafat, Akhlaq & Irfan  Ustadz Hasan Abu Ammar (Video Ceramah 1 – 57)

Semoga bermanfaat