Nazar, Salah Satu Cara / Amalan Agar Doa Dikabulkan

Share This:
Mungkin kita semua pernah menginginkan sesuatu terjadi segera atau mengharapkan hal yg baik berlangsung selama hajat tertentu sdg kita laksanakan.
 
Orang tua mengharapkan anaknya dapat diterima di sekolah yg baik. Seorang suami mengharapkan keselamatan istri dan anaknya ketika melahirkan. Seorang gadis berharap mendapatkan pasangan yg shaleh, dan lainnya.
 
Sekiranya kita menginginkan harapan kita segera terwujud … disamping berdo’a, Allah SWT juga mengajarkan kita utk mengikat janji dgn-Nya melalui apa yg disebut al-Qur’an dg kata “Nazar”.
 
Al-Qur’an mencontohkan sosok-sosok mulia yg mengikat nazarnya dihadapan Allah SWT ;
 
“Ketika isteri ‘Imran berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.(QS 3:35)
 
“Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”.(QS 19:26)
 
Allah SWT juga menggambarkan upaya hamba-hamba-Nya yg shaleh agar terhindar dari keburukan melalui Nazar;
 
“Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana.”(QS 76:7)
 
“Hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka”(QS 22:29)
 
Suatu saat Rasulullah Saw melihat kedua cucunya al-Hasan dan al-Husein yg dlm keadaan demam. Kemudian Rasul berkata kepada Ali. “Wahai Abal Hasan bernazarlah agar Allah menyembuhkan kedua putramu”,
 
Ali berkata “Aku bernazar utk berpuasa tiga hari sebagai syukurku kpd Allah”, Nazar Ali diikuti istrinya Fathimah dan pembantunya Fiddhah. Dan Allah menyembuhkan kedua cucu Rasulullah Saw tersebut.
 
Jika Allah dan Rasul-Nya saja mengajarkan Nazar, tidak salahnya kita melakukannya dgn mengikat janji antara diri kita dg Allah SWT jika ada hal-hal yg baik yg kita inginkan terjadi dlm kehidupan kita.
 
Melalui Nazar Allah ingin melihat kesungguhan kita.
___________________
source: kuliah ramadhan Ustadz Kholid al Walid
Share This: